TEKNIK MODUS YANG DIPAKAI BUAT JUALAN



Pernah dengar kata "dasar modus!"?
Atau bahkan mungkin Anda sering melakukannya? :v

Nah, coba Anda baca postingan ini sampai selesai...

Kalau ngomongin tentang modus, Saya jadi ingat dulu, menjelang Saya nikah, Saya harus 'modus' agar tau informasi calon istri...

Jadi dulu itu, saat Saya pertama kali kenal, ya sekedar tau, temen kampus, gitu aja.

Terus, cuma kenal 3 mingguan, calon istri saya dikabarkan sakit dan menikah, hm...

Yasudah, cari yang lain aja, pikir saya gitu.

Tapi uniknya, 1 tahun kemudian, setelah saya nggak pernah SMS, WA, apalagi ketemu, tiba tiba saya SMS lagi, ternyata dibales! ^_^

Kalau Anda jomblo, pasti tau lah ya, perasaannya kayak gimana? Wkwkwk #JombloProfesional

Tapi saya nggak langsung to the point ngajak nikah, wong denger denger sudah nikah....

Nah, saya akhirnya modus dengan ngiri sms begini:
"lho emangnya boleh ya, SMS malam malam, sama suaminya?"

Terus dijawab:
"hehehe, nggak kok, saya belum nikah"
"lho katanya udah, denger denger dari temen se kampus"
"nggak fik, yang kemaren batal"

cmiiiw.... ternyata available pemirsaah ^_^

Nggak lama setelah itu, sekitar 6 bulan, nggak pakai pacaran, alhamdulillah kami menikah, sekarang anak saya usia 8 bulan. ^_^
bukan menjemput jodoh yang pengen saya bahas, karena setiap orang memang udah ada jodohnya, tapi bagaimana menggali informasinya itu lho, yang jarang dipakai beberapa penjual.

Banyak banget yang langsung blak blakan, main hajar aja:
- join yuk, di bisnis kami! (udah punya bisnis diajak join -_- )
- kalau beli obat ini, bapak akan awet muda (cucu saya udah 6 mba, ga penting awet muda :( )
- yuk beli SEKARANG! ( maaf udah punya, yang kemaren masih ada)
- dan lain lain...

Seringkali orang terlalu cepat menawarkan produk tanpa menggali alasan terlebih dahulu.

Menggali alasan ini penting, kalau saya pribadi, untuk memastikan buyer agar benar benar terbantu dengan produk yang kita jual.

Setidaknya, ada tiga alasan yang harus penjual pikirkan, tiga itu:
1. kenapa saya harus beli produk Anda
2. kenapa saya harus beli ke Anda, bukan ke yang lain
3. kenapa saya harus beli sekarang, nggak ntar aja.

Nah, kalau Anda sudah tau, buyer sudah order tapi belum transfer, bisa ajukan pertanyaan balik.

1. "belum transfer mba? ada spesifikasi produk yang belum mba ketahui?"
2. "189 orang sudah membeli dari saya mba, apa mba ada kendala dengan sistem pembayarannya?"
3. "maaf mba, mau infokan, besok harga udah naik, apa mba sudah transfer hari ini?"

Modus ini bisa juga menggunakan informasi yang Anda sendiri nggak tau. contoh:

- "oiya kak, kalau boleh tau, gimana nih, perkembangannya setelah minum obat pelangsing A ? turun berapa kilo"

( padahal kita udah tau kalau dia belum pernah pakai produk A. Andaikata pernah sekalipun, ya kita tinggal ajak dia untuk repeat order, atau cari prospek lain yang sekiranya mau beli )

Bandingkan dengan sebuah iklan puanjang text nya dan keliatan jualan banget. dibaca aja nggak, betul?

- contoh lain, saat melihat foto profil prospek dan statusnya pakai kerudung merah kita nebak begini

"ibu suka banget kan, pakai kerudung warna hijau?"
(maka kalau jawabannya "iya" maka tawarkan aja kerudung hijau yg dujual, kalau jawabannya "nggak suka", tawarkan aja kerudung merah ^_^ )

sebagian besar dari Anda yang membaca postingan ini adalah costumer saya, udah pernah saya chat begini, hehehe

jadi ini teknik sebenarnya rahasia dapur saya, tapi nggak apa apa, saya bagi aja, mudah mudahan bermanfaat...

RUMUS MODUS = TANYA + NEBAK NEBAK SOK TAU ^_^

>> jadi kesimpulannya, gali informasi dulu, baru tawarkan produk

Gampangnya gini: tujuan dbuatnya produk kan untuk mengatasi masalah costumer, nah, kalau kita nggak tau dia bermasalah apa nggak gimana mau nawarin? betul?

Contoh lain, saat Anda mendapatkan buyer yang mau beli tapi nggak transfer transfer, coba aja MODUS-in.

daripada nanya gini: "mba udah transfer belum"

Mendingan nanya gini : "halo mba, maaf nih, saya barusan cek mutasi rekening saya, kok uangnya belum masuk ya, bukan apa apa mba, takutnya mba udah transfer tapi barangnya belum saya kirim"

*padahal udah tau kalau belum transfer, hihihihi ^_^
_____________________

Oke, siap praktekin gila-gilaanteknik ini?

Sambil latihan, coba tulis di kolom komentar postingan ini,
pertanyaan modus apa yang bisa Anda tanyakan agar tau informasi dari prospek? ^_^

Ayo praktek, biar ilmunya ngefek!