Tool dan Aplikasi Untuk Meningkatkan bisnis di Instagram


Tool dan Aplikasi Untuk Tingkatkan Bisnis di Instagram – Bisnis online kini memang tengah menjamur di kalangan para pelaku bisnis mikro ataupun makro. Meski judulnya “berdagang di Instagram”, tak sedikit dari para pelaku bisnis online ini menggunakan aplikasi dari pihak ke-3 untuk melancarkan usahanya. Nah, mau tau tool dan aplikasi apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk memromosikan, menganalis, hingga meningkatkan omset jual? Ini dia tulisan selengkapnya.

1. 10sec

10sec bisa dibilang sebagai tool yang mengubah akun Instagram yang Anda miliki menjadi sebuah online store. Anda cukup mengambil foto dari aplikasi Instagram dan gunakan hashtag #10sec. Jika sudah, Anda bisa mencantumkan alamat dan kode pos untuk keperluan shipping.

Untuk masalah proses pembayaran, Anda bisa mengandalkan peran kartu kredit para pelanggan. Kabarnya, ke depannya 10sec akan menerapkan kebijakan pengenaan biaya 10% dari harga barang yang Anda tawarkan.

2. InstaOrders

Jika 10sec mirip seperti toko online mini di dalam Instagram, InstaOrders punya fungsi sebagai alat transaksi pembayarannya. Di sini pemilik toko online bisa mengandalkan aplikasi ini untuk mengumpulkan transaksi penjualannya di Instagram dan bisa memanfaatkan media pembayaran online seperti PayPal.

Pemilik toko online hanya perlu melakukan pendaftaran akun InstaOrders lewat website dengan menggunakan username Instagram-nya. Anda akan dimintai beberapa informasi pribadi seperti alamat email, kota dan provinsi, mata uang yang digunakan, deskripsi perusahaan, dan yang terakhir foto akun Instagram yang akan digunakan. Setelah semuanya terisi, Anda bisa memasukkan harga dan mengubah mode gambar menjadi shippable items. Jika 2 langkah tersebut sudah dilalui, secara berkala InstaOrders mengirimkan pemberitahuan via email jika ada order baru.

3. Totems Analytics

Ini merupakan platform untuk memantau trafik perkembangan akun Instagram yang difungsikan sebagai online store. Di sini Totems akan memberikan laporan seputar jumlah pengunjung akun, pertumbungan pengunjung, dan juga jumlah likes dan komentar yang diberikan oleh pengunjung akun online store Anda di Instagram.

4. Overgram

Ini merupakan aplikasi khusus yang ada di smartphone berbasis platform iOS. Jika menggunakan Overgram, Anda bisa menambahkan teks atau tulisan dengan jenis font tertentu yang sudah disediakan aplikasi ini. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk membubuhkan watermark atau nama di atas foto produk sebuah online shop.

5. Instarchive

Jika enggan untuk melakukan backup data secara manual, kini saatnya Anda mengandalkan aplikasi Instarchive. Aplikasi ini secara otomatis akan menyimpan foto yang diunggah ke akun Instagram dalam bentuk file zip di komputer Anda.