Cara Mudah Memulai Bisnis di Instagram


Bagi  pelaku bisnis, bisa membaca peluang merupakan salah satu keahlian yang wajib dimiliki. Keahlian ini tidak hanya diterapkan di kehidupan nyata saja, namun perlu juga diaplikasikan di dunia maya, mengingat saat ini semakin canggihnya teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Jika selama ini situs yang sering Anda gunakan untuk berpromosi masih berkisar antara Youtube, Facebook, dan juga Twitter, mengapa kali ini tidak mencoba Instagram?

Jejaring sosial yang diresmikan pada 2010 ini cukup menjanjikan untuk dijadikan lahan bisnis para pelaku usaha online. Lantas bagaimana cara memulai usaha di aplikasi pengunggah foto ini? Berikut ini kami berikan sedikit paparannya.

1. Membuat username

Usahakan untuk menggunakan brand Anda pada username semua akun jejaring sosial. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan para pelanggan mencari akun Anda di situs media sosial tersebut. Selain itu nama akun juga memberikan kesan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan kepada para pelanggannya.

2. Mengoptimalkan profil

Username saja belum cukup untuk membuat para pengguna situs jejaring sosial percaya, langkah selanjutnya optimalkan halaman profil akun Anda. Usaha ini bisa diawali dari menggunakan foto profil yang berupa logo bisnis/ perusahaan. Setelahnya Anda bisa mencantumkan link website dan informasi singkat mengenai bisnis tersebut di bagian kolom deskripsi.

3. Following

Ingatlah jika saat ini Anda baru saja memulai sebuah bisnis, jadi tidak ada salahnya untuk mengikuti pengguna Instagram lain sebagai usaha awal memperkenalkan produk. Usahakan untuk menggunakan gambar/ foto yang menarik, karena hal ini juga mempengaruhi pengguna lain untuk mengikuti akun bisnis Anda. Dengan memberikan informasi dan gambar yang berkualitas, maka dengan sendirinya pengguna Instagram lainnya akan mengikuti akun perusahaan Anda dan membeli barang yang telah ditawarkan.

4. Menambahkan foto konten di Instagram sekaligus Facebook

Para pelaku usaha biasanya mengikuti kontes yang diadakan oleh Instagram dengan cara menyertakan #hastag tertentu di setiap fotonya. Optimalkan momen tersebut dengan menyambungkannya langsung di fanpage Facebook bisnis Anda. Kabarnya kini Facebook telah dilengkapi dengan beberapa fitur kontes yang bisa membantu jalannya bisnis online suatu perusahaan.